Training Of Trainer (TOT) Pemanfaatan siCANTIK di Direktorat E-Government

Ditulis oleh
🕔  Februari 13, 2013


Aplikasi Pelayanan Publik Terpadu berbasis Arsitektur Layanan Terintegrasi dapat diimplementasikan pada beragam bentuk lembaga perizinan seperti Unit, Kantor, Dinas atau Badan. Berikut adalah Arsitekturnya:


alur.JPG 

Aplikasi Pelayanan Publik Terpadu dikembangkan untuk dapat diakses melalui web dengan menggunakan teknologi Open Source. Sehingga aplikasi dapat diinstall dalam berbagai server seperti Linux ataupun Windows.  Terdapat dua pilihan implementasi yaitu :

1. Implementasi dengan menggunakan jaringan internet (Cloud Computing)

Sistem ini memungkinkan Pemerintah Daerah menggunakan Aplikasi Pelayanan Publik Terpadu tanpa harus melakukan pengadaan aplikasi, perangkat pendukung serta pemeliharaan dari sistem dan pendukungnya. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan sistem yang dapat di akses melalui internet. Dengan demikian Pemerintah Daerah tinggal menyiapkan akses internet dan SDM yang akan mengelola aplikasinya.

2. Implementasi dengan menggunakan jaringan lokal

Jika diperlukan, aplikasi dapat di implementasikan pada jaringan lokal yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah atau lembaga Pelayanan Publik di Daerah. Secara  umum  arsitektur  jaringan  dari  Sistem  Pelayanan Publik Terpadu terlihat pada gambar dibawah ini :


ALUR2.JPG 

 

https://perizinan.belitungkab.go.id/files/thumb/ede7da8e0b3a2da/210/280/fit

Polling

Apakah anda terbantu dengan adanya Portal Perizinan ini?


Cek Status Permohonan

Daftar Formulir

Simulasi Tarif